Sabtu, 25 September 2010

DEGRADASI MORAL BANGSA

Oleh : Dennis Nababan

peristiwa banyak terjadi di ibu pertiwi kita,,kelemahan dalam pemerintahan bahkan kelemahan dalam sistematika bargening politik telah mencapai titik terendah dalam derajat bangsa indonesia..Pergeseran makna dari setiap pengertian terhadap nilai2 dasar moral dan logika mulai tak terjamah dari bangsa ini dan secara khusus dari semua para aktor2 intelektual yg menyebut diri mereka anggota dewan bahkan

degradasi moral yg sama pun terjadi saat ini di ibu pertiwi dan sangat terlihat di para elit2 politik yg menyebut dirinya para pemimpin di negara ini..mengapa semua ini terjadi???

Nilai dasar moral dari yg pertama hanya mereka pikirkan bagi diri mereka sendiri bukan orang lain,,logika yg ada pun tidak sanggup menahan terjadinya degradasi moral saat ini,,

saat kaum2 proletar bangsa ini berteriak untuk diri mereka,,saat itu pun para pemimpin bangsa ini seakan tidak mengindahkannya bahkan seakan meutup telinga mereka dan berpura-pura tidak mendengar atau bahkan mereka sekan tidak merasakan.Janji-janji mereka hanya sebuah isapan jempol bagi kaum2 proletar..

sungguh sangat mengecewakan untuk semua peristiwa yg terjadi,,saat Sandang,Pangan dan Papan tidak merata atau bisa kita sebut tidak mencukupi untuk bangsa ini,,saat itu pula banyak pengeluaran untuk hal-hal yg seharusnya bisa ditiadakan.

mulai dari Renovasi gedung DPR,,Pemindahan Ibu kota yg keduanya memerlukan biaya yg sangat banyak..apakah ini sebanding juga dengan apa yg mereka kerjakan??

apakah mereka sudah melakukan sebuah bargaining politik yg baik juga untuk dunia luar??atw bangsa indonesia kita hanya bisa diam tanpa adanya sebuah tindakan represif terhadap perlakuan dunia luar??

Moral yg terjadi saat ini adalah dimana kita sudah mencukupkan keinginan diri kita sendiri dan mengamankan untuk diri kita sendiri maka semua sudah selesai..

Degradasi moral inilah yg membuat bangsa kita gagal dalam melasanakan namanya reformasi ataupun nanti akan terjadi revolusi..

ada beberapa hal yg harus diperbaharui untuk meningkatkan moral yg sudah terdegradasi ini:

1.Penekanan Individual

rasa individual harus dapat ditekan sedemikian mungkin sehingga seseorang dapat menghargai dan lebih memetingkan untuk kebersamaan..Persatuan akan bisa dikembangkan atau diciptakan dengan rasa solidaritas yg tinggi dengan cara menekan rasa individual..

2.Peningkatan Pancasila

sering kali kita melupakan dasar negara kita Pancasila yg sebenarnya itu sangat penting..di dalam Pancasila semua sudah diatur dan bisa menjadi control bagi semua tindakan kita..lihatlah kembali pada pancasila apabila kita melakukan sesuatu yg mengusai hajat hidup orang banyak

3.Peningkatan Kesatuan

apakah kita sudah bersatu??jawabanya tentu belum..kita belum bisa bersatu karena kita belum dapat memberikan yang terbaik bagi orang di sekitar kita..masih adanya dogma yg terjadi dimana kita lebih mementingkan diri kita sendiri atau golongan kita dibandingkan orang banyak.sehingga terjadi kesenjangan yg cukup jauh..maka kita belum bisa mengucapkan NKRI secara bangga

JAYALAH BANGSAKU,,,JAYALAH NEGRIKU,,JAYALAH INDONESIAKU

Tidak ada komentar: